10 Kata ‘Pasaran’ di LinkedIn Yang Seharusnya Dihindari

Sebagai sosial media professional, LinkedIn sekarang sudah menjadi destinasi banyak orang tuk semakin memperluas relasi atau jaringan karirnya. Maka mereka pun berkompetisi tuk mampu membuat halaman profilnya menjadi menarik agar terlihat kompeten dan “gagah”.

Dengan jurus racikan, mereka pun memasukkan sesuatu didalam identitasnya dengan sejumlah istilah dan kosakata dunia profesi yang cukup menjadi senjata pamungkas juga bernilai tinggi.

Tetapi sayangnya saat semua orang membuat hal itu, maka yang terjadi ialah kata-kata dan istilah tersebut jadi produk yang pasaran. Efeknya, ketika dilihat oleh perusahaan, mereka tak akan segera mendapatkan kesan professional yang diinginkan, sebab kata-kata tersebut diketahui telah digunakan oleh banyak orang.

Lantas kata-kata apa saja yang sekarang sudah ‘pasaran’ di sosial media yang dibangun oleh Reid Hoffman ini? Dan bagaimana caranya buat mengatasi kata-kata pasaran yang telah terlanjur dipublikasikan? Berikut informasinya.

10 Kata “Pasaran” di LinkedIn

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika ada sekian banyak kata ‘pasaran’ yang sudah muncul di LinkedIn dan musti Anda hindari. Kata dan istilah yang sudah digunakan oleh 330 juta anggota LinkedIn di pelosok dunia selama 2014.

Berikut list 10 kata ‘pasaran’ yang digunakan tuk mendeskripsikan diri tersebut:

1. Penuh Gairah

2. Bermotivasi Tinggi

3.Penggerak

4. Kreatif

5. Bertanggung Jawab

6. Berpengalaman Luas

7. Perancang Startegi

8. Rekam Jejak

9. Organisatoris

10. Ahli

Cara dan Rekomendasi Mengatasi Kata ‘Pasaran’ di LinkedIn

Aktivitas promosi diri via sosial media tentu perlu kehati-hatian, termasuk didalam penggunaan kata-kata. Tetapi bagaimana cara jika hal itu sudah terlanjur dilaksanakan? Jangan khawatir ada solusi tuk hal ini.

Anda tidak perlu tuk mengganti kata-kata itu, cukup dengan menambah penjelasan dengan sedikit bermain-main kata, maka orang pun bakal tertarik dengan profil anda di LinkedIn. Berikut sejumlah tips yang dapat Anda gunakan:

Jabarkan Dengan Riwayat Pekerjaan

Tips pertama yang musti Anda lakukan ialah menjabarkan riwayat pekerjaan Anda serasi dengan kata-kata ‘pasaran’ yang sudah tertera di profil Anda. Contohnya, sudah terlanjur mengetikkan kata ‘kreatif’ pada profil. Maka didalam riwayat pekerjaan, Anda musti menyesuaikan dan menunjukkan daya ‘kreatif’ Anda itu. Buktikanlah kreativitas Anda dengan beberapa mencantumkan sejumlah proyek kreatif yang sudah Anda buat di tempat kerja Anda.

Sesuaikan Foto Profil Anda

Apa yang ada jika Anda mengetikkan kata ‘bermotivasi tinggi’ di profil Anda, tetapi foto yang Anda publikasikan bahkan foto dengan wajah lesu? Tentu hal tersebut adalah suatu hal yang tidak sesuai dan bertolak belakang. Dalam teori psikologi apapun, foto dengan wajah lesu jelas sekalipun tak mencerminkan jiwa yang senantiasa termotivasi. Foto dengan wajah lesu justru akan memberikan arti sebaliknya yakni lemah dan pesimis.

Maka dari itu periksalah kembali foto profil Anda di LinkedIn. Apa sudah pantas dan cocok dengan kata yang sudah Anda tampilkan di profil. Jika tidak, segeralah ganti foto yang cocok dan mencerminkan kata itu.

Poles Dengan Kalimat Pembuka

Jika Anda telah terlanjur menggunakan salah satu atau sejumlah kata ‘pasaran’ diatas, maka cara selanjutnya yang dapat Anda tempuh yakni memoles kata di kalimat pembuka. Seperti Anda terlanjur memilih kata ‘ahli atau mahir’, maka didalam kalimat pembuka, Anda musti lebih dapat menjabarkannya dengan sangat jelas kata ‘ahli atau mahir’ tadi. Seperti contoh ‘Mary Smith: Mahir didalam penyelesaian masalah melalui kode’ akan lebih digemari dibanding ‘Mary Smith: Teknisi Software’.

Jika Anda tengah mencari pekerjaan di LinkedIn, karenanya Anda harus lebih jelas dan detail didalam membeberkan kata dalam profil Anda.

Buktikan Dengan Melampirkan Portofolio dan Sertifikat Prestasi

Langkah akhir yang dapat Anda kerjakan saat sudah terlanjur mencantumkan kata-kata ‘pasaran’ di LinkedIn ialah membuktikannya dengan melampirkan portofolio ataupun sertifikat prestasi yang sudah Anda buat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.