9 Cara Mempromosikan Situs Bisnis melalui Facebook

Seperti yang diketahui jika saat ini pemakai social media Facebook di Indonesia makin meningkat dari tahun ke tahun. Di pertengahan tahun 2016 ini saja, pemakai sosial media rancangan Mark Zuckerberg tersebut diperkirakan telah mencapai 80 juta orang, baru hanya di Indonesia. Pastinya itu menjadi suatu kesempatan besar untuk para pebisnis online didalam pengembangan dan marketing situs atau blog bisnis mereka lewat Facebook.

Mendapat visitor dan calon customer baru lewat situs sosial media Facebook bukanlah perkara baru. Bahkan dihampir semua pengelola bisnis telah menggunakan Facebook tuk mempromosikan situs atau blog bisnis mereka di sosial media tersebut. Meskipun banyak yang telah menerapkan strategi marketing lewat Facebook, nyatanya tak semua orang menikmati hasil yang baik. Banyak sekali yang gagal dan frustasi dalam hal itu.

Lalu sebetulnya seperti apa cara mempromosikan website bisnis di Facebook? Dibawah ulasan ringkasnya.

Buatlah FansPage Khusus Bagi Website Anda

Membuat akun Facebook dan memasarkan situs bisnis Anda di sana tentu terlihat amat mudah, tetapi kurang efektif. Mengapa? Sebab jangkauannya cukup terbatas. Tidak sama dengan sebuah laman Facebook FansPage yang dapat menjangkau lebih banyak audiens.

Memasarkan situs bisnis di profile Facebook personal tidak salah. Tapi akan makin efektif lagi jika anda membuat sebuah laman khusus tuk situs bisnis tersebut, sebuah FansPage khusus tuk bisnis Anda. Apabila akun Facebook personal dibatasi cuma mempunyai teman sebanyak 5000 orang saja per akun, karenanya FansPage dapat mengantongi ratusan ribu sampai jutaan fans, tidak terbatas. Dengan demikian, proses promosi anda akan jauh jadi efektif.

Hindari Hard Selling Terus-Menerus

Sebenarnya Facebook adalah situs sosial media, tempat banyak orang tuk kumpul-kumpul, bersosialisasi, dan saling sharing pengetahuan. Pikirkan jika Facebook merupakan sebuah tempat ‘nongkrong’ online yang amat menyenangkan. Seperti apa perasaan Anda bila di tempat nongkrong yang asyik itu mendadak ada orang lain yang berjualan terus-terusan, caper, dan meminta Anda tuk membeli produknya? Masih mengasyikan kah? Jelas tidak.

Sebelum menerapkan strategi marketing dengan cara Hard Selling (berjualan langsung), seharusnya tempatkan diri Anda menjadi orang-orang yang bakal membaca promosi Anda. Apa Anda masih terasa nyaman jika seseorang terus-menerus berdagang di tempat ‘nongkrong’ Anda? Kemungkinannya Anda bakal menghindar, atau mem-block akun-akun yang mengganggu kenyamanan Anda di Facebook dengan cara hard selling tadi. Sebetulnya hard selling bisa saja dikerjakan sesekali, dengan cara yang tepat dan pada waktu yang tepat.

Update Konten Fans Page Dengan Informasi yang Dibutuhkan Audiens

Pasca membuat FansPage di sosial media Facebook selanjutnya si pemilik FansPage musti mengisi konten di FansPage tersebut. Baik informasi tentang situs Anda, informasi mengenai bisnis Anda, informasi yang berkaitan dengan produk Anda, informasi bermanfaat lain yang berhubungan dengan produk Anda, dan masih banyak lagi. Intinya, jangan biarkan FansPage Anda kopong tanpa konten.

Kredibilitas suatu FansPage akan amat berpengaruh untuk keberhasilan anda didalam mengerjakan pemasaran melalui Facebook. Seperti apa membangun kredibilitas suatu FansPage? Jawaban yang tepat adalah konten. Memberikan konten menarik (yang berkaitan dengan bisnis Anda) terus menerus terhadap audiens akan menjadikan FansPage tersebut dianggap mempunyai kredibilitas yang bagus oleh pemakai Facebook.

Lantas seperti apa konten yang bermanfaat? Contohnya Anda berbisnis menjual produk kecantikan – sebut saja obat pemutih – dan bakal mempromosikan produk tadi lewat FansPage Facebook. Pastinya anda tidak akan memposting konten mengenai Agama, politik, dan konten-konten lain yang tak berhubungan dengan kulit. Akan lebih baik jika anda memberikan beragam informasi yang berkaitan dengan jerawat dan kecantikan, seperti tips merawat kulit wajah agar putih, tips merawat tubuh, dan beragam informasi dan tips kecantikan yang lain.

Update Konten di FansPage Dengan Cara Unik

Mengisi konten di FansPage Anda tak hanya sekedar rutinitas saja. Upayakan tiap update konten secara yang unik dan tak menjemukan hingga dapat mempengaruhi audiens tuk share konten tersebut ke wall mereka. Lantas seperti apa cara membuat update konten yang menarik di Facebook?

Sebetulnya ada banyak cara, semacam membuat judul yang menggugah selera, memasukkan image yang menarik, menambah kata-kata yang menjadikan orang lain terpengaruh tapi dalam arti positif.

Copy writing tentu amat vital jika kita mau memperoleh perhatian lebih dari orang lain di Facebook. Dan untuk tujuan tersebut, acapkali orang mempergunakan kata-kata provokatif negatif di dalam copy writing mereka. Tentu biasanya bahasa yang provokatifatau negatif namun sangat efektif, tetapi hal tersebut cukup beresiko untuk nama baik FansPage dan bisnis Anda. Tentu lebih baik jika Anda membuat konten yang dapat menginspirasi orang lain, memberi motivasi, info penting, dan konten yang memunculkan aura positif untuk orang lain.

Berikan Kebebasan Pada Audiens Dalam Berkomentar

Komentar dari audiens di FansPage Anda merupakan sesuatu hal yang cukup bernilai mengingat bisa membantu membuat konten Anda itu memperoleh perhatian lebih banyak dari orang lain di Facebook. Jika kata orang-orang didalam bahasa gaul yaitu “Ga ada loe ga rame”, jika FansPage tanpa likes atau komentar sama misalnya dengan rumah kosong. Disamping itu, dengan adanya komentar dan likes dari orang lain maka relationship diantara Anda sebagai pemilik FansPage dan audiens bakal terjalin lebih baik. Hal itu amat baik untuk bisnis Anda tuk jangka panjang.

Terkadang ada komentar keras dan kritik ‘pedas’ dari para pemakai Facebook di FansPage tersebut. Apapun komentar mereka, anda harus menanggapinya dengan professional semacam seorang pebisnis yang pandai. Tetapi bagaimana pun juga kebebasan berkomentar itu memang musti anda batasi. Jika komentarnya sudah mengganggu atau menjadi spam (contohnya komentar SARA atau terlampau sering promosi link di kolom komentar) kemudian tak ada salahnya jika anda mem-block akun-akun pengganggu tersebut. Hal itu untuk kebaikan Anda pribadi.

Terhubung Dengan Orang-Orang Terkenal di Industri Anda

Di semua jenis bisnis jelas ada orang-orang ataupun brand terkenal disana, mereka itu semacam role model yang kerap menjadi panutan di suatu industri. Contohnya, jika Anda mempunyai bisnis eksport-import furniture, maka Anda amat disarankan tuk mempunyai teman Facebook yang terkenal didalam bisnis tersebut, misalnya berteman dengan Bpk. Frans Perkasa di Facebook.

Bergabung Dengan Group atau Fans Page Tertentu

Serupa halnya dengan poin sebelumnya, dengan bergabungnya Anda di group atau FansPage yang serasi dengan bisnis Anda karenanya hal itu bakal memberi banyak informasi bernilai untuk kemajuan usaha yang tengah dijalankan. Sekarang ini ada tidak sedikit group bisnis di Facebook yang fokus mengupas mengenai jenis bisnis tertentu. Seperti bisnis online, anda tahu jika bisnis online itu ada banyak sekali macamnya, ada sejumlah group di Facebook yang fokus mengupas mengenai satu jenis bisnis online saja. Tujuannya sangat jelas, supaya para member fokus belajar dan dapat memperoleh hasil yang maksimal.

Kala ini ada sejumlah group di Facebook yang mengharuskan member mereka tuk membayar kas bila ingin bergabung. Umumnya grup-grup seperti itu dikelola oleh sesosok yang professional yang sudah dianggap master. Meskipun berbayar, banyak orang yang mau masuk sebab informasi di grup tersebut dianggap paling bermanfaat untuk kemajuan bisnis mereka. Hal itu kembali lagi ke diri masing-masing, apa mau bergabung ke grup berbayar ataupun grup yang gratis saja. Hal terpenting adalah tentukan jika Anda bergabung dengan grup atau FansPage yang dapat memberi manfaat untuk bisnis Anda.

Lengkapi Konten di Fans Page Dengan Link Pendukung

Hal ini vital sekali. Konten yang diposting ke halaman FansPage dan lengkap dengan link tertentu bakal berpotensi menaikan trafik ke situs bisnis anda, terlebih lagi jika Fans Page Anda mempunyai ratusan atau bahkan jutaan fans di Facebook.

Kadang Facebook telah menjadi salah satu sumber trafik yang tinggi untuk situs-situs ngetop di tanah air, katakan saja Tribunnews.com,

Kompas.com, Merdeka.com. Jumlah fans base tentu sangat berpengaruh, makin banyak fans di Facebook maka potensi trafik yang bersumber dari FansPage itu juga makin besar.

Memasang Iklan di Facebook

anda dapat mempromosikan situs bisnis di Facebook dengan gratis, umumnya trafik bakal melimpah ke website Anda jika FansPage bisnis Anda mempunyai banyak audiens, seperti ratusan ribu ataupun jutaan fans. Tetapi, jika Anda mau mendapat atensi yang lebih besar di Facebook, kemudian memasang iklan di sana merupakan cara terbaik yang sangat efektif.

Disamping dapat menjangkau semua fans Anda di Facebook, pasang iklan akan memberi kesempatan lebih besar tuk memperoleh calon fans baru di FansPage Anda. Pasang iklan di Facebook tidak hanya berbicara seputar penjualan langsung, akan lebih baik apabila anda memberikan fans base yang lebih besar hingga akan jauh lebih gampang tuk menjangkau mereka saat kita mempromosikan situs bisnis di Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published.