Cara Membuat Blog Atau Website Gratis di Blog dan WordPress

Blogging merupakan aktivitas yang makin banyak disukai oleh orang Indonesia sekarang ini. Makin banyak blogger baru yang bermunculan bersama topik dan gaya tulisan yang tidak sama. Tuk membuat blog, sebetulnya ada tidak sedikit platform yang hanya digunakan, seperti: WordPress, Blogger, dan masih banyak lagi. Saya akan membahas sedikit mengenai cara membuat blog di kedua platform tersebut.

Sebelumnya, pelajari dulu mengenai kedua platform ini sebab sangat berbeda dalam pengaturannya. Cocokan dari kedua aplatform ini supaya saat menggunakannya Anda tidak menyesal dan pusing.

#Cara Membuat Blog Gratis di WordPress (WP)

Script WordPress dapat digunakan tuk domain dengan hosting sendiri maupun digunakan dengan gratisan. Tetapi, artikel ini bakal membahas upaya menjadikan blog gratis di http://wordpress.com, yang mana anda dapat menikmati seluruh layanan dengan gratis, baik itu sub domain dan juga hosting-nya. Dibawah langkah-langkahnya:

1. Membuka situs WordPress, buka URL id.wordpress.com di browser Anda.

2. Setelah halaman WordPress di buka, masukkan alamat web yang Anda mau, seperti pastelgoreng.wordpress.com. Kemudian klik “Buat Situs Web”.

3. Akan timbul halaman baru. Di halaman tersebut, Anda diminta untuk mengisi kolom-kolom, semacam alamat e-mail Anda, nama pengguna, password, dan alamat web.

Jangan lupa klik link “akan menggunakan alamat yang gratis”. Usai semua kolom diisi, klik “Buat Blog” yang terdapat di bagian bawah web wordpress.

4. Pihak WordPress bakal mengirimkan link tuk verifikasi ke email Anda. Buka e-mail Anda dan klik link di dalam e-mail tersebut.

5. Pasca melakukan verifikasi dengan upaya yang dijelaskan di langkah 4, nantinya akan ada tab baru di browser dan Anda tentu melihat halaman dashboard WordPress punya Anda.

Pengaturan, Desain dan Posting di Blog WordPress

Hingga langkah 5 di atas sebetulnya Anda telah punya blog WordPress. Anda dapat melihat halaman muka web dengan mengetikkan nama blog Anda di browser. Tetapi, mungkin Anda terasa tak serasi dengan halaman muka default dari WordPress. Anda dapat mulai mengerjakan sejumlah settin kepada web WP anda, seperti membuat tag line, membuat judul blog, ataupun deskripsi singkat, merubah themes, pasang widget dan yang lainnya.

-Setting Blog WP

Untuk menjalankan setting di blog WordPress, Anda boleh melakukannya didalam dashboard WP Anda dengan membuka link “Setting“. Di bagian setting ada sub-sub kategori setting yang ingin Anda rubah. Hal teramat penting adalah setting; umum, menulis, membaca, diskusi,  Berikut adalah penjelasan ringkasnya:

Umum: Di bagian ini Anda dapat merubah judul blog dengan judul yang serasi dengan keinginan Anda, dan juga memasukkan tagline tuk blog Anda.

Menulis: Di bagian ini Anda dapat membuat setting tulisan, menentukan kategori tulisan standar.

Membaca: Di sini Anda boleh mengatur tulisan yang terlihat di halaman utama blog Anda. Anda dapat membuat halaman statis dan dinamis.

Diskusi: Di sini Anda dapat mengatur bagaimana orang lain boleh berkomentar di blog Anda.

-Desain Blog WP

Anda bisa mengganti themes dan menambah widget tuk Web WordPress Anda. Mengatur themes dan widget bisa membuat web WP terkesan lebih baik dan relevant dengan keinginan si pemilik blog. Buka link “Tampilan” yang ada di dashboard web wordpress Anda. Berikut penjelasan ringkasnya:

Tema: Di bagian ini Anda dapat memilih themes yang pas dengan keinginan Anda. Di http://wordpress.com ada tidak sedikit themes gratisan dengan halaman muka yang bagus. Perhatikan, jangan sampai menentukan themes premium, klik saja themes gratisan.

Widget: Di sini Anda dapat menambah sejumlah widet yang Anda harapkan akan ditampilkan di bagian side bar web WordPress Anda. Juga jangan terlalu banyak memasukkan widgets.

Menu: Anda dapat menambah beberapa link tuk menu lewat halaman ini. Contohnya Anda ingin menjadikan halaman about, privacy policy, halaman kontak, dan yang lainnya.

-Posting Konten di WordPress

Langkah selanjutnya ialah menulis artikel. Tuk artikel atau konten yang lain, cukup melalui link “Tulisan”. Pahami link yang ada di dashboard Anda:

Semua Tulisan: adalah link untuk melihat seluruh postingan artikel yang terdapat di web Anda.

Tambah Baru: adalah link tuk membuat artikel atau konten baru di dalam web Anda.

Kategori: adalah link sebagai melihat atau menambahkan kategori anyar di web wordpress Anda.

Tuk membuat artikel di http://wordpress.com cukup mudah, kadang jauh lebih mudah daripada dengan platform lainnya.

Yang harus Anda perhatikan di halaman membuat artikel adalah:

-Judul konten, halaman konten, menu formating, kategori dan Tag.

Setelah membaca penjelasan di atas, pastinya Anda cukup bisa membuat web WordPress sendiri ya. Cara yang dijelaskan di atas cukup sederhana, dan jika Anda mau membuat desain web lebih bagus lagi, Anda dapat berkreasi lebih jauh. Tetapi, perlu diketahui jika http://wordpress.com memberi batasan terhadap penggunanya didalam memanipulasi kode-kode html didalam web WordPress.

#Cara Membuat Blog Gratis di Blog atau Blogspot

http://blogger.com merupakan Web 2.0 yang dimiliki oleh Google. Anda dapat membuat blog gratis di blogger, baik itu mempergunakan sub domain dan hosting gratis atau menggunakan domain sendiri dengan hosting gratis di blogger.

Sebelum membuat blog di blogger, dianjurkan tuk mempunyai akun e-mail di Gmail. Hal ini akan mempermudah proses membuat blog Anda. Jika Anda belum paham mengenai cara membuat e-mail, bisa menyimak proses pembuatan blog di blogspot, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuka situs http://blogger.com, klik link tadi tuk membuka Blooger bahasa Indonesia di browser Anda.

2. Anda bakal melihat halaman tuk masuk ke akun Google. Masukkan akun e-mail Gmail ke kolom yang disediakan, kemudian klik “Masuk”.

3. Setelah itu, Anda bakal masuk ke halaman berikutnya, yang mana Anda bakal melihat akun Google Anda tergolong foto profile di e-mail ataupun Google+ (bila sudah mendaftar), kemudian klik “Lanjutkan ke Blogger”. Nantinya akan diarahkan ke halaman membuat blog.

4. Lalu klik tombol “Blog Baru” yang ada di halaman itu, akan ada pop up pembuatan blog Anda. Isi kolom yang telah disediakan dan ambil themes default yang pingin digunakan tuk blog. Isi kolom itu dengan data blog yang Anda mau:

Judul: Isi dengan judul blog Anda, bisa “Diary Puma”

Alamat: Alamat blog Anda di blogspot, bisa “caramembuatpastel.blogspot.com”

Pilih Template: Templete default dari blogger ada 7 macam, klik salah satunya.

Lalu klik “Buat blog!”

5. Setting, Posting, dan Desain di Blogger.com

Sampai langkah 4, sebetulnya Anda telah selesai membuat blog di Blogger, tetapi Anda belum mengerjakan setting lebih lanjut, dan tidak ada konten satupun. Anda dapat langsung membuat postingan baru atau melakukan settingan lebih lanjut tuk blogspot Anda.

-Setting dan Desain Blog di Blogger

Setting blog di blogger tak seperti WordPress. Di halaman dashboard Blogger Anda dapat mengerjakan pengaturan lebih lanjut dengan klik “Opsi Lainnya” yang berupa tanda panah. Nantinya akan ada drop down, link kearah laman-laman lain yang ada di Blogger.

Sedikit informasi seputar menu dashboard Blogger:

Ikhtisar: Data statistik mengenai blog Anda, antara lain jumlah postingan, jumlah pengunjung, dan jumlah artikel.

Pos: List artikel yang sudah dibuat, diterbitkan, dan artikel yang masih dalam format draft.

Laman: Halaman statis semacam page di WordPress. Normalnya digunakan tuk halaman About, TOS, dan lain-lain.

Komentar: Di halaman ini, Anda dapat melihat komentar yang masuk. Anda pun boleh mengedit atau menghapus komentar yang tak diinginkan.

Google+: adalah akun media sosial dari Google yang dapat dipakai untuk blog Anda.

Statistik: Data lebih detail mengenai trafik pengunjung blog.

Tata Letak: Pada halaman ini Anda mampu mengatur layout blog Anda, menambah atau mengelola posisi widget.

Template:  Di halaman ini Anda akan mengganti template yang serasi dengan keinginan.

Setelan: Halaman ini dipakai tuk mengatur setting blog, setting beberapa artikel yang akan ditampilkan di homepage, setting bahasa, komentar dimoderasi atau tidak, dan yang lainnya.

-Posting Konten di Blogger

Untuk membuat postingan konten di Blogger sebetulnya sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

Buat judul konten, isi artikel atau konten lain di halaman konten yang telah disediakan oleh blogger, Anda dapat menambahkan link, merubah format text, dan yang lainnya, dengan bantuan menu format yang ada di bawah judul konten. Isi kategori yang relevant dengan konten Anda, lalu klik “Selesai” di bawah kolom kategori, Anda pun hanya menjadwalkan saat posting konten tersebut sejalan dengan keinginan, membuat link permanen, menambah lokasi, hingga menambahkan opsi lainnya yang sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda telah yakin bakal membuat konten Anda di internet, silahkan klik “Publikasikan”. Konten Anda telah online dan dapat dibaca oleh orang lain.

Untuk login ke dashboarb Blogger, Anda bisa menggunakan alamat e-mail Gmail yang dipakai tuk mendaftar di http://blogger.com . Simpan alamat e-mail Gmail dan password Anda dengan baik, supaya mudah digunakan saat ingin login ke Blogger.

Leave a Reply

Your email address will not be published.