Wordpress

Apa itu WordPress? Barangkali ada dari kalian yang belum sama sekali tahu apa itu tentang WordPress. Pertama kali admin baca berita di tabloid saat tahun 2007 admin pun memiliki pertanyaan yang mirip. Dan kini admin bakal sharing sedikit cerita mengenai WordPress, sebab admin jadi makin cinta WordPress.

Sejarah singkat WordPress

WordPress atau biasa disebut oleh sebagian besar orang sebagai WP merupakan satu software yang dapat kalian gunakan tuk membuat website, entah untuk web pribadi, situs portal atau bahkan online shop sekalipun. Tahun 2003, Matt Mullenweg, mendapatkan WordPress lantaran kebutuhannya akan suatu software publishing online. Ketika itu b2 merupakan salah satu software sejenis yang sudah dihentikan oleh developernya. Maka Matt bersama-sama dengan sebagian rekannya menjalankan forking didalam code b2 dan terciptalah WordPress.

Beberapa saat kemudian, Movable Type, satu dari beberapa platform online publishing lain menerapkan harga tuk penggunaannya, maka makin tidak sedikit orang cari alternatif gratis, WP merupakan pilihan tepat ketika itu. Sampai saat ini WordPress maju sangat pesat dibawah naungan perusahaan yang dibangun oleh Matt, Automattic.Inc.

Automattic

Automattic merupakan induk dari sebagian produk yang berhubungan dengan web. Sejumlah software dan website layanan penyedia yang berhubungan dengan WordPress ada dibawah naungan dari Automattic. Dua yang sangat signifikan didalam perannya mengembang biakkan WP ialah penyedia blog gratis dengan WordPress yakni WordPress.com dan web komunitas WordPress.org

WordPress.com

Kalau kalian mau mengetahui seperti apa WordPress itu, kalian dapat berkunjung ke WordPress.com dan register disana. Kalian bisa mendapat suatu blog dengan nama semacam blogkeren.wordpress.com dengan gratis. Jika tidak begitu kalian bisa pilih nama lain semacam blogkeren.com dengan biaya tahunan tuk domain dan hosting yang cukup mahal.

Pilihan nama domain custom tersebut merupakan salah satu upaya bisnis dari WP, meskipun WP merupakan sebuah software 100% gratis, open source, namun untuk pengembangannya pasti pula dibutuhkan biaya. WordPress.com merupakan salah satu sourcenya selain beraneka layanan berbayar lain.

WordPress.org

WordPress.org jadi salah satu petunjuk pertama bagi user WordPress. Bagi developer, disanalah mereka submitting karya-karyanya bertipe themes dan plugin yang totalnya ribuan.

Themes membuat design website atau blog kalian dapat berubah semau kalian. Sedangkan dengan plugin kalian dapat melengkapi berbagai fitur extra yang tidak ada didalam WordPress. Themes dan plugin begitulah yang membuat WordPress fleksibel, mungkin saja blog biasa, website berita atau online shop sekalipun.

Kalau kalian mendapatkan masalah tersendiri dengan WP yang kalian gunakan, bisa juga coba mencari solusinya lewat forum, yang mana banyak sekali pengguna lainnya yang bakal membantu. Di website itu juga para developer yang sebagiannya adalah karyawan Automattic berdiskusi dan mengulas tentang kemajuan WordPress kedepannya dan pimpinan adalah Matt. Kalau kalian nantinya sudah canggih coding mengenai WP bisa ikutan di web make.wordpress.org.

Bisnis besar berbasis WordPress

Didalam direktori themes dan plugin itu ada yang menyiapkan themes dan plugin 100% gratis, ada yang memakainya tuk memajang sejumlah lite version dari produk premium mereka. Bisnis berplatform WordPress mulai ada semenjak 2008, ketika Justin Tadlock membangun Theme Hybrid dan Brian Gardner mengenalkan Revolution themes. Kemudian banyak sekali website besar lain yang memberikan themes premium, pelayanan web development berplatform WordPress, Hosting special WordPress yang dipemrakarsai WPEngine dan ada lagi lainnya.

Keunikan didalam dunia WordPress yang gratis tapi bisa menciptakan sistem ekonomi bagi mereka yang ikut-ikutan didalamnya yang membuat WordPress makin besar setiap harinya. Semua itu tidak lepas dari peranan Matt Mellenweg yang sampai saat ini jadi penentu kebijakan tunggal didalam menentukan arah kemajuan WP.

Leave a Reply

Your email address will not be published.